Thursday, October 22, 2009

Kenali CANDLE SIGNAL

Candlestick Pola Triple; Konfirmasi Pergantian Trend Harga
Senin, 24 Agustus 2009 11:00 WIB

(Vibiznews – FX) - Pada tulisan sebelumnya sudah dijelaskan tentang candlestick bahwa candlestick merupakan analisa teknikal yang tertua dari Jepun dan juga sangat jitu dalam menganalisa pergerakan harga, sebelumnya juga sudah dijelaskan candlestick dengan dua macam pola yaitu pola single candle dan double candle.

Saat ini akan dijelaskan pola candlestick dengan pola triple candle. Hal ini merupakan bentuk konfirmasi pergerakan harga dari pola-pola candlestick double candle. Untuk mengetahui jenis-jenis pola triple candle dapat dilihat melalui table dibawah ini



Selanjutnya akan dijelaskan satu persatu dari masing-masing pola tersebut, sebagai berikut :

Three Inside Up, merupakan pola konfirmasi dari pola Bullish Harami, yaitu bergantinya trend turun menjadi konfirmasi trend naik. Pertama pada saat Bearish Candle (candle pertama), maka selanjutnya muncul Bullish candle (candle kedua) dengan bentuk yang lebih kecil dari candle kesatu, maka Bullish candle ketiga harus diatas candle kedua dan bahkan lebih tinggi dari candle pertama. Konfirmasi perubahan dari trend turun menjadi trend naik dilihat close price candle ketiga diatas open price candle pertama.

Three Outside Up, merupakan pola konfirmasi dari pola Bullish Engulfing, yaitu bergantinya trend turun menjadi konfirmasi trend naik. Pertama pada saat Bearish Candle (candle kesatu), maka selanjutnya muncul Bullish candle (candle kedua) dengan bentuk yang lebih besar dari candle kesatu, maka Bullish candle ketiga harus berada diatas candle pertama dan candle kedua. Konfirmasi terjadinya perubahan trend dari trend turun menjadi trend naik yaitu jika close price candle ketiga harus diatas close price candle kedua.

Three White Soldiers, merupakan pola lanjutan dari konfirmasi perubahan trend, dimana dari candle PERTAMA hingga candle ketiga harus berbentuk Bullish Candle. Pada saat terjadi perubahan trend ditandai dari candle pertama sudah bersifat Bullish candle. Konfirmasi terjadinya perubahan trend dari trend turun menjadi trend naik yaitu jika close price candle ketiga harus diatas close price candle kedua.

Three Inside Down, merupakan pola konfirmasi dari pola Bearish Harami, yaitu bergantinya trend naik menjadi konfirmasi trend turun. Pertama pada saat Bullish Candle (candle kesatu), maka selanjutnya muncul Bearish candle (candle kedua) dengan bentuk yang lebih kecil dari candle kesatu, maka Bearish candle ketiga harus dibawah candle kedua dan bahkan lebih rendah dari candle pertama. Konfirmasi perubahan dari trend turun menjadi trend naik dilihat close price candle ketiga dibawah open price candle pertama.

Three Outside Down, merupakan pola konfirmasi dari pola Bearish Engulfing, yaitu bergantinya trend naik menjadi konfirmasi trend turun. Pertama pada saat Bullish Candle (candle pertama), maka selanjutnya muncul Bearish candle (candle kedua) dengan bentuk yang lebih besar dari candle kesatu, maka Bearish candle ketiga harus berada dibawah candle pertama dan candle kedua. Konfirmasi terjadinya perubahan trend dari trend naik menjadi trend turun yaitu jika close price candle ketiga harus dibawah close price candle kedua.

Three Black Crows, merupakan pola lanjutan dari konfirmasi perubahan trend, dimana dari candle pertama hingga candle ketiga harus berbentuk Bearish Candle. Pada saat terjadi perubahan trend ditandai dari candle kesatu sudah bersifat Bearish candle. Konfirmasi terjadinya perubahan trend dari trend naik menjadi trend turun yaitu jika close price candle ketiga harus dibawah close price candle kedua.

Penjelasan dari masing-masing pola triple candle diketahui bahwa pola triple candle merupakan bentuk konfirmasi lanjutan dari perubahan trend (reversal trend), sebelumnya signal perubahan trend sudah ditandai dari pola double candle, maka pola-pola dari triple candle memberikan penekanan konfirmasi lanjutan perubahan trend.

Perlu diketahui bahwa candlestick merupakan salah satu bentuk dari analisa teknikal maka pola-pola candlestick tersebut dapat dipadukan dengan beberapa indikator-indikator analisa teknikal, baik indicator yang berbentuk momentum yang menyatakan over bought atau over sold maupun juga yang berbentuk indicator trend yang menyatakan bullish zone atau bearish zone.

No comments:

Post a Comment